Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Pemanfaatan Bambu Sebagai Kerajinan Untuk Pasar Lokal

Pemanfaatan bambu sebagai kerajinan untuk pasar lokal. Mulai zaman dahulu, para leluhur bangsa Indonesia sudah memanfaatkan tanaman bambu untuk kehidupan sehari-hari mereka. Seperti tempat tinggal, peralatan memasak, peralatan makan, peralatan bangunan, hingga dijadikan senjata yang digunakan mengusir penjajah. Salah satu pemanfaatan dari penggunaan bambu yang masih digunakan sampai saat ini yaitu kerajinan anyaman. Kerajinan anyaman bambu di Nusantara ada banyak sekali jenis serta macamnya.

Setiap daerah di nusantara pasti memiliki jenis anyaman bambu sendiri. Motif dari anyaman bambu setiap daerah pun pastinya berbeda-beda, bergantung dari adat serta budaya yang berkembang di daerah itu. Kerajinan tangan yang asalnya dari bambu adalah wujud dari kreatifitas masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam yang di sekitar mereka. Penasaran apa saja kerajinan yang berasal dari pohon yang kuat dan fleksibel ini? Berikut ini kami sajikan pembahasan mengenai beragam kerajinan dengan bahan utama bambu. Perhatikan juga artikel terkait pengertian pasar lokal ya.

 

Beragam Kerajinan Untuk Pasar Lokal Dengan Bahan Utama Bambu


kerajinan untuk pasar local
kerajinan untuk pasar local

 

Kerajinan untuk pasar lokal pot tanaman

Bambu mempunyai warna natural yang cakep yaitu warna hijau atau warna kuning. Karena inilah bambu bisa memberikan suatu sensasi warna yang kontras dengan warna-warni tanaman di dalamnya. Salah satu produk kerajinan tangan dari bahan bambu satu ini bisa menjadi opsi bagi anda untuk mengoptimalkan penggunaan dari alam. Sehingga keindahan warna-warni dari bunga tersebut tak hanya ada di permukaan tanah, akan tetapi juga di udara. Caranya juga sangat mudah, anda cukup membelah batang bambu berukuran besar dan kemudian diisi dengan tanaman kecil warna-warni nan cantik.

 

Pembuatan tralis dari batang bambu

Dengan adanya tanaman rambat dalam komposisi tanaman di taman merupakan suatu kewajiban. Semua itu tergantung dari media rambatnya yang akan anda gunakan. Tanaman rambat akan menghadirkan nuansa baru bagi spot-spot di taman anda yang nampak membosankan, mulai dari dinding atau bahkan pagar. Caranya pun sangat mudah, anda cukup menyediakan beberapa batang bambu yang berukuran sama kemudian disusun menyerupai tralis dan diikat dengan kawat. Pada jenis tanaman rambatnya, anda dapat mencoba tanaman sirih merah, mandavela, morning glory, bougenvil, melati irian, dan masih banyak lagi. Perhatikan juga artikel menarik lainnya tentang cara hack wifi menggunakan kali linux ya.

 

Dan pemanfaatan batang bambu untuk dijadikan kerajinan untuk pasar lokal yang terakhir yaitu sebagai sekat kamar mandi. Mandi dengan nuansa alam terbuka pastinya terasa sangat nikmat dan memiliki sensasi tersendiri. Nuansa yang sejuk serta segar akan memberikan sensasi dan kenyamanan tersendiri saat anda sedang membasuh diri. Tak usah takut ada yang mengintip, anda bisa menggunakan memakai yang di susun rapat sebagai sekat agar kamar mandi alami-mu tetap tertutup.

 




Posting Komentar untuk "Pemanfaatan Bambu Sebagai Kerajinan Untuk Pasar Lokal"