Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Inilah Contoh Teks Drama Beserta Strukturnya

Inilah Contoh Teks Drama Beserta Strukturnya! Drama yang kita ketahui bersama sangat kental sekali dengan adegan di atas panggung. Yups sesuai pengertiannya drama merupakan karya sastra berbentuk dialog dan dipentaskan dalam panggung pertunjukan.

Jika dibandingkan dengan karya sastra lainnya, drama memang memerlukan perhatian yang khusus. Harus banyak pertimbangan yang dilakukan termasuk bagaimana penyajiannya di atas panggung nanti. simak juga naskah drama disusun dalam bentuk

Nah, kami disini hadir memberikan contoh teks drama beserta strukturnya. Tulisan ini mungkin sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menulis teks drama, namun masih kurang memahami tentang strukturnya. Untuk mempersingkat waktu, berikut contohnya:

contoh teks drama beserta strukturnya
contoh teks drama beserta strukturnya

Contoh Teks Drama Beserta Strukturnya

Dalam penulisan teks drama tentu adanya struktur yang harus ada dibagian teks tersebut. Struktur-struktur tersebut ada guna mempermudah kita semua memahami bagian dari teks drama. Kami disini akan menyampaikan beberapa struktur yang menjadi pondasi diantara stuktur lainnya.

Prolog sebagai contoh teks drama besert strukturnya

Contoh teks drama beserta stukturnya yang pertama adalah prolog, prolog ini bisa dikatakan sebagai pengantar awal drama. Berisikan pidato singkat bisa mengenai latar, sinopsis drama, atau ajakan kepada penonton untuk menyaksikan drama yang akan ditampilkan.

“Amih si gadis malang, ia terpaksa hidup seorang diri setelah keluarganya meninggalkan dirinya karena memiliki cacat fisik. Gadis tersebut harus tinggal di dalam gubug tua di sebuah Desa kumuh. Suatu hari anak perempuan itu nekad pergi ke Kota untuk mencari keluarganya. Namun naas di tengah perjalanan ia mengalami insiden yang mengharuskan ia berurusan dengan pria tampan dan kaya tapi kejam. Akankah kehidupan ia membaik atau sebaliknya? mari kita saksikan bersama pentas drama tentang Gadis Buruk Rupa”.

Babak

Contoh teks drama beserta strukturnya yang kedua adalah babak atau sering juga disebut episode. Biasanya penulis akan membedakan babak satu dengan yang lainnya berdasarkan alur cerita atau waktu. Pembagian babak ini sangatlah penting, untuk mengatur pergantian alur, suasana, waktu atau tempat agar penikmat teks drama mudah memahami.

Contohnya

Lampu menyala, cahaya pagi masuk melewati celah-celah gubug tua. Terlihat gadis buuruk rupa sedang mengemasi barangnya.

Adegan

Contoh teks drama beserta strukturnya yang keempat adalah adegan. Adegan ini ditandai dengan adanya atau kemunculan para pemain drama. Pergantian tersebut dapat berupa pergantian tata panggung, atau kemunculan dari pemain.

Contoh

Setelah sampai di Kota, gadis buruk rupa bermodalkan tekad tanpa tahu harus pergi kemana mulai menyusuri jalanan Kota dengan gelisah. Tiba-tiba sebuah mobil berkecepatan tinggi bergerak secara tidak stabil menghantam gadis tersebut yang sedang berdiri di trotoar.

Terdengar bunyi hantaman yang sangat kuat, sehingga menyebabkan gadis tersebut melayang jauh dari tempat ia berpijak.

Dialog

Dalam contoh teks drama beserta strukturnya dialog tidak kalah penting. Dialog ini dapat menggiring para tokoh untuk masuk dalam konflik. simak juga tentang drama yang berakhir dengan ketidak bahagiaan

Epilog

Jika prolog merupakan kalimat pembuka drama, nah kalau epilog adalah kalimat penutup drama. Biasanya berisi nasihat atau pesan yang diambil dalam pentas drama tersebut. Itu saja mengenai contoh teks drama beserta strukturnya, semoga bermanfaat!.

 

 

Posting Komentar untuk "Inilah Contoh Teks Drama Beserta Strukturnya"